Senin, 07 November 2011

Hal-hal yang harus dilakukan guru untuk menumbuhkan motivasi anak

  • Hendaknya guru itu senantiasa menghargai dan memberikan reinforcement (penguatan). penghargaan tidak hanya disampaikan dengan kata-kata, bisa juga disampaikan dengan isyarat. Guru apabila ingin mengkritisi anak didik, maka yang harus diperhatikan adalah jangan langsung mengkritisi, tapi harus diberi penghargaan dulu. 
  • Re inforcement ada 2 : 
  1. Verbal : kata-kata bagus, oke dan lain-lain.
  2. Non Verbal : acungan jempol, anggukan kepala, sentuhan / tepuk bahu, dan simbol

Beberapa cara untuk membangkitkan motivasi belajar 
  1. Menjelaskan pentingnya / manfaatnya mempelajari sesuatu. 
  2. Mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa di luar sekolah 
  3. Menunjukkan antusiasme (menggunakan prosedur yang sesuai) dalam mengajarkan sesuatu 
  4. Memberikan hasil ulangan sesegera mungkin. 
  5. Menggunakan bentuk-bentuk kompetisi. 
  6. Partisipasi dalam kegiatan ekstra seperti Olahraga, Seni, dan lainnya untuk menciptakan keakraban. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar 
  1. Faktor Matwration (kematangan)/ maturity 
  2. Faktor Aktifitas bertujuan. 
  3. Faktor Partisipasi siswa 
  4. Adanya penghargaan & hukuman 
  5. Mengetahui hasil belajar  

Keterangan : 
  1. Banyak sekali para ahli seperti Maria Maturation. faktor ini adalah faktor peka, anak sudah matang dalam bersekolah. Misalnya : anak merasa giat belajar, ketika mencapai usia kematangan anak yang satu dengan yang lain berbeda dan pemberian cara belajar disesuaikan. 
  2. Mengarahkan kemana arah tujuan belajar. (kalau arah tujuannya jelas, anak akan mengerti) 
  3. Partisipasi siswa. Kalau setiap penyampaian materi mengikut sertakan siswa baik secara fisik / intelek. maka akan lebih menarik dan praktis lebih di mengerti oleh siswa. Secara intelektual dengan cara melempar pertanyaan pada siswa (hendaknya tidak terburu-buru dalam menyampaikan materi) Guru harus mampu mengarahkan siswa agar mengikuti alur cerita (materi secara utuh/keseluruhan) 
  4. Adanya penghargaan & hukuman (Reward & Punishment) Penghargaan tidak selalu dengan bentuk materi : hukuman tidak harus berupa kekerasan. 
  5. Sesegera mungkin membagikan hasil belajar / ulangan pada siswa. 
Transfer Belajar 
Pemindahan / Pengalihan hasil belajar dari bidang studi satu ke bidang studi yang lain / kehidupan sehari-hari 
Guru mengait-ngaitkan materi yang satu dengan yang lain. dengan kata lain mengait-ngaitkan materi dengan kejadian sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar